Blogger Adalah Pengecut Dan Plagiat Blogger Adalah Pengecut Dan Plagiat
MENGUNDANG SEMUA PENGUNJUNG UNTUK BERKOMENTAR, MENGKRITIK, BERBAGI PENGALAMAN, DLL SESUAI DENGAN PEMBAHASAN POSTINGAN. NO LIVE-LINK, NO SPAM, SEMUA KOMENTAR AKAN DIBALAS JIKA ADMIN SEDANG ON-LINE DAN SELAMAT MENJALANKAN AKTIFITAS BERSILATURRAHMI, BLOG WALKING-LAH SEBELUM BLOG WALKING ITU DILARANG.

Rabu, 31 Oktober 2012

Blogger Adalah Pengecut Dan Plagiat

Blogger Adalah Pengecut Dan Plagiat - Sebuah pernyataan yang pernah kudengar dari seseorang yang belum tahu tentang Dunia Blogging dan berbagai Komunitas Blogger disegala penjuru mata angin. Memang tidak salah dari kalimat tersebut jika dilihat dari kenyataannya karena memang sebagian dari mereka yang Mengaku Blogger tapi bisanya cuma copy paste artikel orang lain tanpa ijin dan tanpa mencantumkan sumber artikel itu diambil, para Blogger adalah pengecut karena mereka tidak memakai identitas yang sesungguhnya dalam data diri mereka.

Ketika pertama kudengar kalimat tersebut spontan kepalaku seperti dikelilingi tujuh mobil ambulan dengan kecepatan cahaya menerobos lampu merah, wew seakan aku tertantang untuk belajar lebih jauh pada orang itu sampai mana batas pengetahuannya tentang Blog. Setelah beberapa saat berdiskusi dengannya, oh ternyata dia tidak seberapa paham tentang dunia maya ini, bahkan tidak juga mengenal blog sampai dalemannya skalipun dan rupa-rupanya dia hanya tahu Tampilan Blog seperti apa bahkan tidak tahu bagaimana cara membuatnya.

Dalam kepala terbesit beberapa pertanyaan menanggapi ungkapan seseorang diatas, kenapa sih kok begitu banyak yang mengaku sebagai blogger tetapi bisanya cuma plagiat dengan cara copy paste artikel orang lain?, kenapa kebanyakan info data diri mereka masih banyak yang tidak sesuai dengan aslinya? apakah memang benar Blogger adalah Pengecut. Menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginannya tanpa mempedulikan aturan, norma-norma dan kode etik yang seharusnya dapat mengontrol mereka.

Buat Sobat Blogger dimanapun berada tolong yang tahu jawaban atau bisa berbagi pengetahuannya tentang Dunia Blogging dimohon kesediaanya untuk berbagi dan memecahkan masalah diatas

45 komentar:

  1. Tidak semua blogger seperti itu, Sob. Banyak kok blogger yang apa adanya menampilkan identitas diri dan selalu menampilkan tulisan sendiri atau bukan kopas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benar sekali sob, mungkin memang seseorang tersebut memang belum tahu banyak tentang dunia Blogging


      Thanks atas masukan dari sobat Akhmad Muhaimin Azzet

      Hapus
  2. banyak emang yang beranonim kaya gitu, tapi menurut gw lebih banyak berani menampilkan jati dirinya sendiri. soalnya buat orang-orang yang beranonim begitu, biasanya mereka ingin menjadi orang lain dan belum nyaman dengan dirinya yang sekarang. *menurut gw*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi sob, semua tergantung individunya masing-masing

      thanks atas kunjungan dan informasi sobat Idean

      Hapus
  3. Ntah apa yang terbesit dibenak para pencecar yang mengatakan bahwa blogger adalah Copasser, Plagiat dan ntah apalagi bahasa gaulnya. Namun ada hal yang harus diperjelas disini, makna dari pencurian itu sendiri, Copas artikel itu memanglah sebuah pencurian, pencurian ide dari sang penulis, adakalanya penulis merasa senang artikelnya di copy paste ada juga yang tidak suka di copy paste. Namun kita juga belum tahu apa motif dari sang copasser kan? mereka ingin memberikan informasi yang bermanfaat ataukah malah artikel yang digunakan untuk kepeningan komersial sendiri? kita tidak tahu. maka dari situlah pentingnya sebuah perlindungan terhadap sebuah hasil karya, jika kita merasa dirugikan kita bisa kok melaporkannya melalui beberapa situs pembantu untuk melaporkan ke pada Googl ataupun Search Engine lainnya, ingat kalo kita merasa dirugikan..!! kalo tidak? apa salahnya artikel kita di copas, karena dengan begitu, artinya artikel kita mempunyai bobot dimata mereka yang mengaku sebgai copasser.

    mengenai penampilan identitas diri, itu kan hak dari masing-masing blogger, adakalanya blogger siap mengahdapi dunia maya yang kejam ini dengan mengumbar jatidirinya, kalo mereka tidak berani, ya itu urusan mereka.

    sekarang kalo diambil simpelnya aja seperti ini, apakah mereka (pencecar blogger) bisa menunjukkan kepada dunia dengan cara membuat perubahan yang berarti bagi khalayak ramai? jika memang IYA, saya berani menantang mereka, saya membuat perubahan melalui Blog, dan mereka membuat perubahan melalui "dunianya".

    Sobat blogger (khususnya yang bukan copasser sejati) sangat gampang membuat perubahan itu. kalo memang kalian merasa sanggup, mari kita sama-sama tantang mereka para pencecar blogger.

    jika kalian tidak berani, berdoalah yang terbaik bagi kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih informasi dan masukannya sobat Rico Ade Mandana semoga dengan semakin banyaknya para blogger yang mengajarkan tentang kebaikan.

      Hapus
  4. yaampun gak semuanya kali kyk gitu bang. trutama yg blogger personal. kan kebanyakan pake identitas sendiri ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi setuju sama pendapat sobat Yoga Shena, thanks atas kunjungannya sob

      Hapus
  5. tidak semua seprti itu, khususnya blogger personal itu kan tulisannya original atau buatan sendiri .
    trus identitasnya juga jelas, mungkin dia blm ngerti kalo ngeblog itu kece :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali sob, memang kebanyakan seperti itu tetapi mungkin temanku itu belum melihat sobat-sobat Blogger yang isi blognya murni tulisan sendiri


      Thanks atas kunjungan dan informasi sobat Heni Nuraeni

      Hapus
  6. hidup blogger personal....yang jadiin blog sebagai media curahan hati yang galau..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oyi sob, keep spirit for blogging

      Thanks atas kunjungan dari sobat Indra Setiawan

      Hapus
  7. Ada memang blogger yang sering copas tampa mencantumkan alamatnya, tapi kalau blogger personal kayaknya gak ada deh,kalaupun ada itu hanya kebetulan aja :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau personal blogger mungkin sedikit sekali kesamaannya sob kan setiap orang idenya beda-beda terus gaya nulisnya juga beda.

      Thanks kunjungan dan masukannya sobat Robianus Supardi

      Hapus
  8. hehe.. lucu ya masih ada orang mikir gitu di jaman ini. :) Ajak deh tu peNcecar mengenal lebih jauh, kan memang tak kenal maka tak sayang.

    SALAM KENAL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sob, pertama saya dengar penilaiannya terhadap blogger langsung kepikiran buat ngajakin dia diskusi lebih jauh hingga batas mana pengetahuannya dan atas dasar apa dia punya anggapan seperti itu


      Thanks kunjungannya sobat Tuaffi salam kenal juga

      Hapus
  9. knpa ada plagiat dan knpa ada konflik ini itu dan sbgai nya, krna rata2 yg saya jumpai memang bner bloger2 di indonesia ini knykan muna, ramah di dalam postingan tapi tdk ramah jika dihubungi via inbox, knpa ya???ada yg tau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau masalah itu saya masih belum paham sob, maklum masih baru di dunia blogging ini


      Thanks atas kunjungannya sobat Yan Chriestiano, mungkin lain waktu kita diskusi lebih jauh tentang blogging

      Hapus
  10. Etika ngeblog itu ada, jadi kalo ada blogger yang gak punya etika, pantas gak sih disebut blogger?

    salam kenal gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam kehidupan sehari-hari aja ada aturannya seharusnya didunia blogging juga ada aturan yang harus ditaati kalau tidak ya akan terkucil sendiri dari perkumpulannya


      Thanks atas kunjungan dan informasi dari sobat Riki Ananda N, dan salam kenal juga

      Hapus
  11. gue gak kayak gitu ya. gue gak pernah copy paste hasil karya orang. gue juga gak memalsukan identitas gue.

    gak semua blogger pengecut dan plagiat. hanya blogger abal abal lah yang suka plagiat *lah. kalo blogger personal mah kayaknya gak ada yang copy paste deh. soalnya masa cerita di dalam kehidupan orang di copas sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh sob, masak iya kita blogger personal copas cerita pribadi orang lain, kayaknya gak banget ya


      Thanks kunjungan dan partisipasi sobat Deya Butterfelt

      Hapus
  12. Emang Gue Akui Dulu gue kaya Gitu, copy sana copy sini, paste sana paste sini, tapi sekarang gue udah muag kaya gitu, gue sadar jika seperti itu sama aja blog gue kaga bermoral, kaga punya nia artistik, and yang paling nyesek malu malu in aja punya blog copy paste.

    Alhamdulilah sekarang gue Udah Kembali kejalan yang Benar, sekarang gue udah jujur dalam menulis blog, and gue juga bangga punya karya hasil tulisan gue sendiri.

    Jadi Semua blogger engga seperti Itu kok. Mungkin yang kopi paste itu hanya kurang ngontrol nafsu kopas.nya. mungkin dia (orang yang suka kopas) suatu saat akan tau dunia blog yang sesungguhnya and bisa bertaubat and engga plagiat lagi !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sob, semoga saja mereka yang hobi copas akan segera mendapatkan pncerahan sehingga kembali kejalan yang benar


      Thanks atas kunjungan dan berbagi ceritanya, semoga makin banyak yang tersadarkan

      Hapus
  13. ngebetein yang ngopos tuh di dunia maya bukannya ngebranding diri eh malah pengen duit instan dengan ngopas biar cepet punya iklan....lo ketemu orangnya gue seret ke gedung dpr

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe, memang terkadang banyak yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya dengan menabrak segala batasan yang berlaku.

      Thanks kunjungan dan ceritanya sobat Indra Hasan

      Hapus
  14. cuma blog yang berisi curcol yang biasanya nggak berisi tentang copas ciyus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin hal itu benar sob, tapi kan tulisan pribadi tidak selalu berisi curcol bisa hal-hal lain yang mungkin patut untuk dibagikan


      Thanks kunjungan dan masukannya sobat Rinem

      Hapus
  15. mereka cuma nilai blogger dari negative nya aja -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mereka sering melihat hal-hal semacam itu sob di internet, nah ini tugas kita bersama bagaimana caranya agar blogger terlihat baik mungkin dengan membuat artikel-artikel yang berkualitas dsb


      Tanks atas kunjungan sobat Bocah Saico

      Hapus
  16. tanggapi dengan santai aja ...
    buat gue .. itulah asem manis kecut jadi blogger ..
    selama kita masih tetap bisa nulis pake ide dean tangan sendiri,,
    itu adalah bukti bahwa kita bukan blogger plagiat ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga sob, mending kita buktikan dengan hasil karya kita daripada kita banyak bacot tanpa ada buktinya.


      Thanks atas kunjungan dan saran dari sobat Edotz Herjunot

      Hapus
  17. Balasan
    1. Thanks atas kunjungannya sobat Yousake

      Hapus
  18. Plagiat berbeda dengan rewrite camkan itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tuh sob, sepakat. RW gak masalah asal mendapat ijin dari penulis dan mencantumkan sumbernya.

      Thank atas kunjungan sobat Muhammad Zaid

      Hapus
  19. ya menurut aku gak semua blogger pengecut dan plagiat ,
    yang blogger personal kan kebanyakan juga hasil tulisan sendiri :)

    masih lebih baik copy edit kali ya daripada copy paste kan njiplak banget tuh terlalu ^_^

    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bener banget tuh, mendingan copy edit paste lebih kreatif daripada copy paste terkesan gak kreatif sama sekali. Kalau sama persis kan plagiat kalau sedikit dirubah kan gak plagiat.


      Thanks atas kunjungan dan komentar sobat Miz Tia

      Hapus
    2. iya kak , kalo pengecut memang banyak kak di dunia blogger (cius).. :)
      kalo masalah identitas itu tentunya punya alasan tersendiri , kalo menurut saya.. dan saya sendiri tidak suka mengumbar identitas . yang penting tetep jd diri sendiri, jati diri sendiri dg kekreatifan sendiri dan apa adanya aja.. gak usah heboh cari sensasi di internet ^_^ ..
      makasih ya :)
      .

      Hapus
  20. Saya kurang setuju "Blogger Adalah Pengecut Dan Plagiat" khusus untuk Personal Blog "Diary" karena kebanyakan Personal Blog itu kreatif-kreatif ya gak ?. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi sob, setuja setuju aja sob. memang kalau personal blog kebanyakan lebih mengangkat tentang pengalaman pribadi penulis jadi kemungkinan sama kecil sekali.

      Thanks kunjunganny

      Hapus
  21. tidak semuanya pengecut kok, mungkin blogger yang suka copas artikel itu sedang belajar html, jadi artikelnya kurang mendapat perhatian

    BalasHapus
  22. gara-gara nila setitik, rusak susu sebelangga
    gara-gara beberapa blogger plagiat, rusak semua nama baik blogger..

    #sedih

    BalasHapus
  23. Translator Online akan memberikan keputusan pada para pelaku itu sendiri, apa yang akan disajikan dalam dunia maya ini baik sebagai copaser maupun pioneer (semoga memang hal yang bermanfaat & mendidik).

    Semua akan terlihat dari rating kiblat para webmaster yaitu alexa dengan kunjungan ke blogger tsb.

    Tetap semangat dech (",)

    BalasHapus
  24. Generalisasi itu berbahaya.

    Aku juga ga bisa mengklaim diri sebagai blogger "bersih", sih. Karena pada dasarnya semua yang kita tulis TENTU berdasarkan atau terinspirasi dari segala yang kita dengar dan/atau kita baca. Dan ga semua blogger pandai merangkaikan pemikiran dan perasaan mereka, sehingga mereka mengekspresikan semua itu dengan cara mereka sendiri: salah satunya adalah salin-rekat (copas). Tujuan kita sama: berbagi pengetahuan, pengalaman, ide, perasaan, pemikiran. Namun, tentu cara kita berbeda2. Jika blogger yg hobi copas, tetapi tujuannya hanya untuk berbagi (bukan mengakui tulisan itu sebagai tulisannya), aku rasa itu fine2 aja.

    Dan tentang tidak menggunakan nama sebenarnya, apakah itu memang salah dan pengecut? Beberapa blogger hanya ingin dikenal sebagai "pen name"-nya karena ingin menjadi karakter yang benar2 berbeda dari kehidupan sehari-harinya. Karena seperti yang kita semua tahu, rata2 orang yang online akan memunculkan alter-ego sebagai kepribadian kedua mereka. Alter-ego ini benar2 berbeda dengan kepribadian mereka dalam dunia nyata sehari-hari.

    Jadi, simpulannya, blogger copasser atau blogger pen name tidak mesti dikucilkan. Mereka punya alasan mereka sendiri. Seperti blog ini yang mempertanyakan fenomena copas tersebut, blog ini juga tentu punya alasan. Dan kita harus menghargainya. Jadi, sesama blogger harus saling mengerti, bukan saling menyalahkan.

    Peace for all bloggers!

    BalasHapus

Pengikut